Thursday, July 12, 2012

PENJUALAN KOMPUTER: Ekonomi Eropa Melemah, Pengiriman PC Terhenti


Foto: Bisnis.com

SAN FRANCISCO: Pengapalan personal computer (PC) global terhenti pada kuartal II di tengah melemahnya ekonomi Eropa dan berkurangnya permintaan PC lantaran beralih ke tablet.

Riset pasar Gartner Inc mencatat pengiriman tergelincir 0,1% menjadi 87,5 juta unit. Hewlett-Packard Co masih menjadi penjual PC teratas, diikuti Lenovo Group Ltd, sedangkan Acer Inc menyikut Dell Inc ke peringkat ketiga. Perusahaan penelitian IDC juga mengatakan pengapalan turun 0,1%, berbeda dari prediksinya pada Mei lalu yakni tumbuh 2,1%.

Pemulihan ekonomi yang tidak merata di Amerika Serikat, pengeluaran lebih lambat di Eropa, dan perambahan iPad dari Apple Inc serta tablet lain telah menyebabkan permintaan PC stagnan.

"Ketidakpastian ekonomi di berbagai daerah serta bunga rendah konsumen dalam pembelian PC adalah beberapa pengaruh utama lambatnya pertumbuhan pengiriman PC," kata Mikako Kitagawa, analis utama di Gartner, seperti dikutip Bloomberg.

Peregangan terakhir dari melambatnya pertumbuhan kontras dengan keuntungan dua digit persentase dalam dekade sebelumnya, didorong kesenangan membeli notebook oleh perusahaan dan rumah tangga. Menurut Kitagawa, pelanggan saat ini kurang tertarik akan alat-alat itu karena produk dan layanan teknologi baru muncul.

Refleksi penurunan dapat dilihat di Amerika Serikat. Catatan Gartner, pada kuartal II pengiriman PC di sana turun 5,7% menjadi 15,9 juta unit. Ketatnya pemerintah dan anggaran pendidikan juga berkontribusi terhadap penurunan PC di Amerika Serikat. IDC bahkan menyatakan pengapalan Amerika Serikat jatuh lebih curam yakni 10,6%, lebih dari dua kali lipat proyeksi perusahaan yang sebesar 4,4%.

Pasar PC mungkin mendapatkan dorongan dari Ultrabooks yang didukung pembuat chip komputer terbesar di dunia Intel Corp. Menurut IDC, peluncuran sistem operasi baru dari Microsoft, yakni Windows 8, juga dapat memberikan percikan di akhir tahun ini.

"Konsumen menunda pembelian serta vendor dan pengecer memperlambat kegiatan PC mereka untuk membersihkan persediaan yang ada," kata David Daoud, direktur riset untuk komputasi pribadi IDC.(Gloria Natalia Dolorosa/Bloomberg/api)


Sumber: Bisnis.com



No comments:

Post a Comment