Monday, July 9, 2012

Rakyat Spanyol Mungkin Akan Sesali Bailout


(picture: money.cnn.com)

Monexnews -

Perbankan Spanyol memang sudah selamat sekarang, tapi tidak demikian hal nya dengan rakyat Spanyol, karena level sovereign debt mereka telah meningkat namun tidak diimbangi dengan kemampuan Spanyol untuk membayar.

Melihat reaksi market pada event bailout Spanyol di akhir pekan dimana Spanyol mendapatkan janji manis Uni Eropa atas dana penyelamatan 100 milyar Euro, diatas permukaan paket tersebut seperti air segar di tengah padang gurun, dimana perbankan Spanyol mendapatkan uang yang dibutuhkan untuk mengcover kerugian mortgage namun bagi pemerintah Spanyol meminta bailout sama saja mengalami nasib pengetatan anggaran yang sama seperti kandidat bailout Irlandia, Portugal dan Yunani.

Oleh sebab itulah, yield obligasi tenor 10-tahun hanya turun 13 basis point untuk kemudian merangkak naik lagi diatas 6.07%, sementara mata uang Euro hanya naik sedikit sekali terkait berita bailout tersebut karena level rasio hutang negara terhadap GDP yang terbebani oleh bailout tersebut kini berpotensi naik 10% lebih tinggi jika seluruh dana bailout tersebut digunakan.

Target rasio utang 82% terhadap GDP di 2013 mungkin akan melonjak menjadi 95% dari GDP di 2015, dengan ekonomi semakin merosot 2% tahun ini, kecuali yield obligasi Spanyol bisa menurun signifikan, namun kemungkinan penurunan yield masih kecil karena ketegangan market seiring ketidakpastian sumber dana bailout Spanyol.

Kesepakatan Spanyol ini tentu semakin jadi alasan kuat bagi Yunani untuk menolak persyaratan bailout Uni Eropa, dan meningkatkan peluang hasil pemilu Yunani untuk menghasilkan partai mayoritas yang anti bailout dan pada akhirnya Yunani akan meninggalkan Euro.

Kondisi Yunani sendiri memang mengenaskan, sebut saja Rumah Sakit Henry Dunant, yang merupakan salah pusat perawatan medis terbaik di Yunani, dimana 1,150 karyawan nya termasuk dokter belum mendapatkan gaji selama 2012, sejauh ini karyawan rumah sakit tersebut hanya menerima gaji 2011 per Mei 2012 kemarin.

Rumah Sakit Henry Dunant hanya merupakan salah satu institusi Yunani yang tidak mampu membayar gaji, sementara berbagai bisnis sudah saling tidak membayar satu salam lain di Yunani, pemerintah tidak mampu membayar supplier, inilah kondisi riil di Yunani saat ini. Maka cukup wajar sebenarnya, jika pemimpin Sosialis Yunani Alexis Tsipras melihat segala problem ini dan hanya melihat strategi bailout dan persyaratannya yang terlampau berat bukan merupakan solusi bagi problem Yunani.

Apa dampak nya untuk mata uang Euro? Tentunya akan terjadi pelemahan yang signifikan akibat arus capital outflow maupun rush para investor keluar dari perbankan Eropa, perlahan mata uang EURUSD akan meraih level 1.2415, anjlok dan closing daily dibawah area tersebut berpotensi menambah tekanan bearish lebih lanjut mengincar area 1.2290 – 1.2210. Resisten terdekat tampak di area 1.2625 – 1.2670.

(Sap)

Oleh Albertus CK
Senior Researcher and Analyst (sumber: http://www.monexnews.com/market-commentary/40/rakyat-spanyol-mungkin-akan-sesali-bailout.htm)

1 comment:

  1. Halo, saya mrs Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? kami juga menyediakan pinjaman akhir tahun, pinjaman untuk paket Natal, tahun baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    ReplyDelete