Thursday, July 26, 2012

17 Bank di Jerman Turun Peringkat Akibat Krisis


Jakarta - Lembaga Pemeringkat Internasional Moody's Investor Services menurunkan peringkat 17 bank di Jerman. Hal ini dilakukan menyusul turunnya peringkat Jerman awal pekan ini.

Kebanyakan bank yang diturunkan peringkatnya oleh Moody's merupakan bank yang disokong oleh pemerintah atau biasa disebut landesbank, termasuk juga IKB Deutsche Industriebank dan Deutsche Postbank.


Sejak krisis finansial tahun 2008 lalu, banyak landesbank yang mengalami masalah. Apalagi setelah Eropa masuk ke krisis utang yang tak kunjung usai dengan pertumbuhan yang stagnan.

Moody's juga menyinggung bahwa beberapa bank tersebut punya utang yang dijamin oleh pemerintah pusat dan daerah Jerman. Maka dari itu, jika Jerman turun peringkat lagi, maka bank-bank tersebut juga bisa ikut terpangkas.

"Penurunan peringkat kali ini menyusul turunnya outlook utang luar negeri Jerman dari stabil menjadi negatif," kata Moody's dalam keterangan tertulisnya yang dikutip AFP, Kamis (26/7/2012).

Awal pekan ini, Moody's sudah memangkas peringkat utang luar negeri Jerman, Belanda dan Luksemburg. Selain itu, outlook jangka panjang Fasilitas Stabilitas Finansial Eropa alias European Financial Stability Facility (EFSF) juga menjadi negatif dari sebelumnya stabil.



(ang/dru)

Sumber: DetikFinance.com

No comments:

Post a Comment