Thursday, July 26, 2012

Duh, Produksi Minyak RI Hanya Tersisa 3 Liter/Hari


INILAH.COM, Jakarta - Produksi minyak Indonesia per kapita hanya tersisa 3 liter per hari hingga 12 tahun ke depan, sebelum benar-benar ludes.

Wakil Direktur Reforminer Institute, Komaidi Notonegoro mengatakan, pemerintah dan banyak pihak masih meyakini bahwa Indonesia masih memiliki minyak yang melimpah. "Tapi berdasarkan fakta tidak," ujarnya di Jakarta, Sabtu (2/6/2012).



Berdasar data yang dimilikinya, Indonesia hanya memiliki cadangan minyak terbukti sebesar 4,2 miliar barel. Angka ini jauh di bawah negara-negara penghasil minyak lainnya seperti Arab Saudi yang mencapai 300 miliar barel dan Norwegia sebesar 200 miliar barel.

"Dengan cadangan terbukti 4,2 miliar barel, dibagi rata dengan penduduk Indonesia maka jatah per kapita masyarakat Indonesia hanya 3 liter per hari selama 12 tahun mendatang," tuturnya.

Di sisi lain, ia mengakui, potensi minyak Indonesia masih besar yaitu mencapai 50 miliar barel. Namun untuk membuktikan hal tersebut dibutuhkan biaya eksplorasi yang tinggi. Sementara Indonesia masih harus bergantung dengan perusahaan migas asing untuk pendanaan. "BUMN kita masih mempunyai beban yang berat, dari BBM subsidi hingga LPG subsidi," ungkap Komaidi.

Namun kebijakan cost recovery dalam negeri yaitu UU Migas nomor 21 tahun 2002 dan Peraturan Pemerintah terkait cost recovery yang diatur kembali dengan 4 Peraturan Menteri Keuangan (PMK), masih belum bersahabat dengan perusahaan migas asing.

"Menyerahkan kepada asing bukan hal yang haram, asalkan ada alih teknologi dan menggandeng BUMN sambil secara jangka panjang ada pembenahan," tuturnya. [ast]

Sumber: inilah.com

No comments:

Post a Comment