Friday, July 27, 2012

BURSA ASIA: Bursa Asia menghijau disokong dua sentimen


HONG KONG. Bursa Asia kembali dibuka melaju untuk hari kedua. Pada pukul 08.29 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,8%. Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average berhasil naik 1,2%. 



Faktor utama yang menggairahkan bursa Asia pagi ini adalah pernyataan Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi bahwa pihaknya akan melakukan apa saja demi menyelamatkan euro. Draghi menyarankan kepada penentu kebijakan untuk melakukan intervensi di pasar obligasi seiring melonjaknya tingkat yield Spanyol dan Italia karena mengancam posisi euro.

Sentimen positif juga datang dari Korea Selatan. Data yang dirilis Bank of Korea menunjukkan, surplus neraca perdagangan Korea Selatan melonjak menjadi US$ 5,8 miliar pada pekan lali. Hal ini berhasil meredakan ketegangan bahwa perekonomian negara tersebut melambat.

"Ada kecemasan bahwa segala sesuatunya menjadi tidak terkontrol. Draghi datang dengan pernyataan tegas bahwa dirinya akan mendukung pasar dan melakukan apapun untuk menyokong euro," jelas Cameron Peacock, market analyst IG Markets.


Sumber: Kontan.co.id

No comments:

Post a Comment