Thursday, July 26, 2012

PREDIKSI INDEKS: Tunggu Eropa, Pasar Wait & See


JAKARTA: Pasar hari ini (26/07) masih memilih wait and see menunggu perkembangan positif baru dari Eropa, meski kemarin IHSG rebound 0,22% ke 4.000,84.
.
Karena pada saat yang sama, Dow Jones tertekan setelah laba bersih perusahaan Apple mengecewakan banyak pelaku pasar karena jauh di luar ekspektasi sejumlah analis.


Meski laba bersih perusahaan ini meningkat 21% menjadi US$8,8 miliar pada kuartal II/2012 dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya, namun lebih rendah 10% dari prediksi pasar.

Pendapatan Apple US$35 miliar di kuartal ini pun di bawah ekspektasi pasar US$37 miliar, meski jumlah ini lebih baik 23% di bandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

Hal tersebut membuat harga saham Apple merosot lebih dari 5%. Penurunan yang terjadi disebabkan oleh turunnya permintaan pembelian dari konsumen di Eropa Barat, seperti yang dikatakan pihak manajemen Apple.

Sementara itu dari benua biru, Menteri keuangan Jerman dan Spanyol berusaha meyakinkan pasar bahwa kenaikan borrowing cost tidak mengindikasikan turunnya perekonomian negara Spanyol.

Namun pasar mempersepsi hal itu dengan cara yang berbeda dengan kekhawatiran membesarnya dana rekap yang diperlukan. Terbutki yield obligasi Spanyol terus naik ke 7,64%. (Bsi)

Sumber: Bisnis.com

No comments:

Post a Comment