Friday, August 3, 2012

RISIKO INVESTASI: Waduh, risiko investasi negara maju kian meningkat


JAKARTA. Krisis global yang tengah terjadi, kian menaikkan risiko berinvestasi di negara-negara maju. "Saat ini, suku bunga yang rendah tidak menjadi jaminan bahwa risiko yang dihadapi investor juga rendah," kata Michael Tjoajadi, Presiden Direktur PT Schroder Investment Management Indonesia, Kamis (2/7).

Michael lantas menyebutkan beberapa indikator yang memperlihatkan suatu negara memiliki risiko investasi yang tinggi. Pertama, debt to GDP (growth Domestic Product) negara-negara maju yang kian tinggi, yaitu diatas 50%. Sedangkan di negara berkembang, debt to GDP rata-rata masih di bawah 50%.



Yang kedua adalah income growth negara berkembang yang juga lebih tinggi dibanding negara-negara maju. Ketiga, adanya transaksi antara dua negara berkembang yang lebih tinggi dibanding transaksi antara negara berkembang dengan negara maju.

Keempat, "Penurunan risiko investasi di negara berkembang juga didukung oleh semakin kecilnya ketergantungan akan ekspor, karena barang-barang lebih cenderung digunakan untuk konsumsi dalam negeri," jelas Michael.

Kelima, dipangkasnya peringkat utang negara-negara maju oleh sejumlah lembaga pemeringkat internasional menggambarkan kondisi perekonomian mereka yang tidak sehat. "Padahal, negara-negara berkembang kini banyak yang peringkat surat utangnya dinaikkan oleh pemeringkat," imbuh Michael.

Oleh karena itu, Michael meyakini, saat perekonomian mulai stabil nantinya, para investor akan mengambil strategi dengan terlebih dahulu berinvestasi ke negara maju karena menimbang tingkat valuasinya yang masih kecil. Lalu, setelah mendapatkan untung, pemodal akan mengalihkan dana mereka ke negara-negara berkembang yang masih memiliki return menarik.

Sumber: Kontan.co.id

1 comment:

  1. Ayo ajak kawan anda sebanyak-banyak nya gabung di sini.Raih Jackpot yang sangat besar dan bonus menarik lain di DNA POKER Indonesia :

    ♠ Bonus New Member 20% max bonus Rp 300.000,-
    ♣ Bonus setiap Deposit max bonus Rp 100.000,-
    ♥ Bonus Cashback rollingan 0,3%
    ♦ Bonus Refferal 15% ( Seumur Hidup )

    ♠ Minimal Deposit Rp 10.000,-
    ♥ Minimal Withdrawal Rp 30.000,-

    Untuk info lebih lanjut dapat Hubungi Livechat kami Atau :
    WA : +8558692773
    BBM : E33FF559
    Wechat : DNAPOKER

    Link Altenatif kami :
    dnawin. co
    dnawin. net
    dnapoker. com

    ReplyDelete