Wednesday, August 1, 2012

UBS Kehilangan Rp 3,2 Triliun Gara-gara IPO Facebook


Jakarta - Initial Public Offeering (IPO) Facebook membuat banyak sekuritas menderita kerugian akibat delay trading di hari pertama. Salah satunya adalah bank raksasa asal Swiss, UBS, yang mengumumkan loss sebesar US$ 356 juta (Rp 3,2 triliun).

Dikutip dari CNBC, Rabu (1/8/2012), salah satu sumber di bank tersebut mengatakan, secara otomatis UBS sudah menerima pesanan beli di monitornya, tapi tidak mendapat konfirmasi transaksi atas saham raksasa jejaring sosial tersebut.



Akibatnya, para pialang mencoba memasukkan pesanan kembali dan terjadi secara berulang-ulang sehingga melebihi batas pesanan yang sudah dialokasikan UBS.

Ia menambahkan, UBS yakin monitor perdagangan mereka tidak mengalami masalah. Itulah kenapa UBS meminta ganti rugi dan kompensasi dari Nasdaq.

Kerugian UBS ini nilainya 10 kali lebih tinggi dari sekuritas lain, sehingga menimbulkan spekulasi apakah memang semua ini adalah kesalahan Nasdaq sendiri. Sebelumnya Nasdaq sudah berencana memberikan kompensasi sebesar US$ 62 juta saja.

Penawaran saham perdana Facebook bulan Mei lalu diwarnai dengan kesalahan transaksi di setengah jam pertama setelah pembukaan gara-gara kesalahan teknis. Sehingga banyak pemesanan saham yang gagal diselesaikan.

Pada perdagangan kemarin, harga saham Facebook sempat menyentuh posisi terendahnya di US$ 21,61 per lembar, jatuh hampir 50% dari harga IPO di US$ 38.

Sahamnya menutup perdagangan Selasa waktu setempat di US$ 21,71 per lembar. Sementara saham UBS jatuh lebih dari 4% ke level US$ 10,60 per lembar.



(ang/dru)


Sumber: DetikFinance.com

1 comment:

  1. Ayo ajak kawan anda sebanyak-banyak nya gabung di sini.Raih Jackpot yang sangat besar dan bonus menarik lain di DNA POKER Indonesia :

    ♠ Bonus New Member 20% max bonus Rp 300.000,-
    ♣ Bonus setiap Deposit max bonus Rp 100.000,-
    ♥ Bonus Cashback rollingan 0,3%
    ♦ Bonus Refferal 15% ( Seumur Hidup )

    ♠ Minimal Deposit Rp 10.000,-
    ♥ Minimal Withdrawal Rp 30.000,-

    Untuk info lebih lanjut dapat Hubungi Livechat kami Atau :
    WA : +8558692773
    BBM : E33FF559
    Wechat : DNAPOKER

    Link Altenatif kami :
    dnawin. co
    dnawin. net
    dnapoker. com

    ReplyDelete