Wednesday, July 18, 2012

BURSA AS: Wall Street Berakhir Naik Setelah Bernanke Bicara


Foto: Bisnis.com


JAKARTA: Pada perdagangan Selasa (17/7/2012) bursa saham AS di Wall Street rata-rata berakhir menguat setelah Gubernur Bank Sentral AS Ben Bernanke memberikan pernyataan dan kenaikan yang terjadi di saham Goldman Sachs Inc. dan Coca Cola Co. yang memuaskan investor.

Kedua emiten ini mampu menyajikan laporan keuangan yang lebih baik dari perkiraan awal dengan keuntungan yang besar, sehingga memberikan dorongan bagi saham-saham di sector perbankan.

Sementara pernyataan Ben Bernanke memang tidak terlalu mengejutkan, akan tetapi tidak menjurus pada kemungkinan adanya QE3 dalam waktu dekat ini. Berbicara didepan Komisi Perbankan di Senat, Bernanke menyatakan kembali bahwa Bank Sentral  telah siap untuk melakukan aksi lanjutan yang mendukung proses pemulihan ekonomi, jika diperlukan dan kondisinya memungkinkan.

Investor sendiri banyak yang mempertanyakan, apakah pasar saat ini memang benar-benar butuh QE3 atau tidak, mungkin perlu beberapa waktu kembali untuk meyakinkan akan hal ini.

Setelah jatuh 82 poin akhirnya Dow Jones mampu berbalik arah dengan naik 102 poin dan berakhir di area 12,805.54, atau naik 78.33 poin, naik sebesar 0.6%.

Diantara 30 emiten didalamnya, 26 emiten berakhir menguat dipimpin oleh kenaikan saham Walt Disney Co. yang naik 3.1% setelah Bank of America Corp. menaikkan peringkat sahamnya menjadi posisi beli.

Saham unggulan lain yang ikt naik adalah Coca-Cola, yang mampu naik 1.6% setelah perusahaan minuman ini melaporkan pendapatan di kuartal kedua yang lebih baik dari perkiraan.

Indek S&P 500 berakhir naik 10.03 poin atau 0.7%, ke 1,363.67, dimana saham-saham layanan kesehatan, sumber daya alam dan telekomunikasi menjadi primadona diantara 10 sektor lainnya di bursa ini.

Saham Goldman Sachs naik 0.3% setelah melaporkan pendapatan kuartal kedua mereka diatas perkiraan awal dan kemampuan mereka menjual unit adminstrasi manajemen investasi mereka kepada State Street Corp. yang sahamnya sendiri turun 6.4%.

Sementara saham Mattel Inc.mampu melonjak 9.7% setelah laporan keuangan di kuartal kedua mereka lebih baik dari perkiraan awal.

Indek Nasdaq naik 13.10 poin atau 0.5%, ke 2,910.04.

Dolar AS melemah, dimana  harga minyak mampu naik 0.9% ke $89.22 per barel dan harga emas turun $2.10, atau 0.1%, ke $1,589.50 per ons.

Data ekonomi AS menyatakan angka produksi industry naik sebesar 0.4% di bulan Juni dimana sector manufaktur lebih baik dari perkiraan.

Data yang lain menunjukkan angka harga konsumen tidak berubah dari bulan sebelumnya dan pasar perumahan mengalami peningkatan hingga ke bulan penjualan yang terbaik sejak Maret 2007.(api)

Sumber: Bisnis.com

No comments:

Post a Comment