Friday, June 8, 2012

Jumlah Wiraswasta Sedikit, RI Susah Saingi AS dan Jepang



Jakarta - Jumlah enterpreuner di Indonesia masih sangat rendah, belum mencapai 2% dari jumlah penduduk. Jumlah ini jauh jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Demikian disampaikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarif Hasan ketika ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (8/6/2012).

"Kan menurut teorinya suatu negara dapat maju kalau minimal punya enterpreuner punya 2% dari penduduknya. Kita kan jumlah penduduknya 240 juta, jadi kurang lebih hampir 5 juta, kita ini baru 1,56 persen, dan beberapa tahun ini meningkat tajam," ujarnya.

"Kalau dibandingkan negara-negara maju, kita masih jauh dari mereka, Amerika saja sekitar 12 persen, Jepang 10 persen, Singapura 7 persen, kita masih jauh," tambahnya.

Syarif menyatakan dalam beberapa tahun terakhir, jumlah pengusaha muda ini sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Dengan demikian, dia yakin untuk tahun ini, target 2 persen tersebut dapat tercapai.

"Pada 2 tahun ini melonjak dari 0,24 persen saja jadi 1,56 persen. Pokoknya tahun ini akan tembus angka 2 persen," ujarnya.

Guna meningkatkan jumlah tersebut, lanjut Syarif, pihaknya akan membantu melalui pendanaan. Salah satunya pemberian modal bagi 17 pemenang proposal enterpreneur. 

"Itu permodalannya kita siapkan, kalau modalnya kita perbesar, aksesnya kita perbesar pasti semangatnya juga semakin besar," pungkasnya.



(nia/dnl) 

No comments:

Post a Comment