Monday, June 11, 2012

Sentimen Eropa Kuat, Bursa RI Bakal Menguat

VIVAnews - Tidak hanya pasar saham Amerika Serikat yang diprediksi menguat sepanjang pekan ini. Indeks saham di Bursa Efek Indonesia juga diperkirakan bergerak positif pada awal transaksi pekan ini, Senin 11 Juni 2012.

"Secara mengejutkan dan di luar dugaan, akhirnya diputuskan untuk memberikan dana bantuan kepada perbankan Spanyol," kata analis MNC Securities, Edwin Sebayang dalam risetnya, hari ini.

Edwin mengatakan, pemberian dana bantuan sebesar €100 miliar itu setara US$125 miliar. Data per Maret 2012 menyebutkan, dana yang keluar dari perbankan Spanyol sudah mencapai €66 miliar. "Ini akan menjadi faktor positif bagi bursa Indonesia dan bursa global hari ini," ujar Edwin.

Sementara itu, dia melanjutkan, faktor penguatan indeks Dow Jones akhir pekan lalu sebesar 93,24 poin (0,75 persen) juga dapat menjadi faktor pendorong kenaikan IHSG dan indeks bursa regional Senin ini.

"Karena selama sepekan ini, indeks Dow Jones telah menguat 3,59 persen dan menjadikan kenaikan mingguan terbaik tahun ini," tuturnya.

Secara teknikal, dengan menggunakan data harian, juga mengindikasikan potensi penguatan IHSG. Indeks akan bergerak pada kisaran support 3.805 dan resistance 3.879.

Sepanjang transaksi pekan lalu, seiring berlanjutnya aksi ambil untung, ketidakpastian dari peluncuran stimulus serta penurunan peringkat Spanyol seakan menutup sentimen positif dari pemotongan suku bunga bank sentral China.
Namun, secara kumulatif, pergerakan indeks relatif membaik pada pekan lalu. "IHSG naik 0,67 persen dibandingkan pekan sebelumnya, didorong oleh aksi beli terhadap saham consumer serta perbankan," kata analis PT Panin Sekuritas Tbk, Purwoko Sartono.

Sementara itu, untuk hari ini, Purwoko tidak terlalu optimistis. Indeks saham diperkirakan bergerak bervariasi dengan kecenderungan melemah. "Kami melihat pergerakan indeks masih akan dibayangi oleh isu dari Eropa. Kisaran support 3.790 dan resistance 3.850," ujarnya.

No comments:

Post a Comment