Friday, June 15, 2012

Yield Obligasi Spanyol Tembus 7%

New York - Spanyol belum bisa bernafas lega. Imbal hasil alias yield obligasi 10 tahun miliknya menembus 7% pada lelang Kamis kemarin waktu setempat.

Menanjaknya imbal hasil surat utang itu setelah peringkat utang luar negeri Spanyol dipangkas oleh Moody's. Imbal hasil ini merupakan level tertinggi sejak tahun 1999.

Hal ini menjadi peringatan pertama terhadap negeri matador itu bahwa memang butuh bailout dari Uni Eropa. Italia sebelumnya juga pernah mengalami yieldtinggi di awal Januari tahun ini, tapi setelah itu turun hingga kisaran 6,2%.

Moody's memangkas peringkat Spanyol tiga notch ke posisi satu tingkat sebelum junk alias sampah. Semua itu akibat menumpuknya utang dan kekeringan likuditas di perbankannya.

"Permintaan bailout kepada Uni Eropa sudah memberi citra buruk terhadap pemerintahan Spanyol, sehingga mendorong tingginya surat utang tersebut," kata Joseph Tatusko, analis dari Westport Resources di Connecticut dilansir dari CNN, Jumat (15/6/2012).

Selain utang negaranya, sebanyak 18 bank Spanyol juga sudah terkena pemangkasan peringkat. Hal ini menunjukkan lemahnya kondisi kesehatan perbankan setempat.

Pekan ini, semua mata dunia terpaku ke Yunani yang akan menyelenggarakan pemilu. Hasil pemilu ini akan sangat menentukan ekonomi dunia, terutama Eropa, terkait rencana Yunani akan keluar dari Uni Eropa atau tidak.




(ang/nia) Angga Aliya - detikfinance

No comments:

Post a Comment