Salah satu milyuner yang sukses lewat berbisnis di dunia maya, Scott Fox, seperti dilansir dari Forbes, Senin (18/6/2012), mengatakan bisnis yang sukses adalah bisnis yang dimulai karena Anda menyukainya, bukan karena menyukai uangnya.
"Dalam pengalaman saya, ada banyak alasan bagus untuk memulai sebuah bisnis, juga alasan untuk mulai memasukkan bisnisnya ke dunia maya. Tapi bahkan penguhasa yang andal sekalipun pun suka kesulitan untuk mengimbangi laju perkembangan dunia maya," katanya.
Menurutnya, cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat apa yang sedang ngetren melalui jejaring sosial, cari tahun hal unik baru yang sedang ramai dibicarakan.
Banyak orang ingin menjadi milyuner melalui dunia maya, tapi menurut Fox, itu bukan yang paling penting, karena yang terpenting adalah membentuk bisnis dengan target dan kemampuan Anda sebagai pengusaha.
Berikut ini adalah tujuh tips sukses berbisnis di dunia maya yang dirangkum dari buku barunya Fox yang berjudul “Click Millionaires.”
1. Bangun bisnis yang bisa membantu orang
Bisnis yang bisa membantu konsumen, seperti cara menurunkan berat badan,
sehat selalu dan celah di antara produk-produk yang terkenal. Bentuk
bisnis seperti ini biasanya bertahan lama dan punya pelanggan tetap.
Situs yang sedang ngetren seperti Facebook atau Twitter memang menarik dan meraup jutaan dolar tiap tahun, tapi risikonya cukup tinggi. Ratusan situs jejaring sosial yang serupa sudah bangkrut, dan hanya hitungan jari yang berhasil bertahan.
Situs yang sedang ngetren seperti Facebook atau Twitter memang menarik dan meraup jutaan dolar tiap tahun, tapi risikonya cukup tinggi. Ratusan situs jejaring sosial yang serupa sudah bangkrut, dan hanya hitungan jari yang berhasil bertahan.
2. Bersikap profesional
Masyarakat biasanya lebih percaya kepada seseorang yang ahli dan
profesional. Hal ini juga berlaku di bisnis. Semakin Anda menunjukkan
sikap profesional, maka pelanggan akan semakin mempercayai bisnis Anda.
Bersikap profesional bukan berarti harus kaku, tidak ada salahnya jika Anda juga menjadi 'teman terpercaya' pelanggan. Tapi jangan pernah memaksakan pelanggan supaya bisa mempercayai Anda.
Anda bisa mulai dengan bersikap terbuka, tanpa basa-basi dan tulus. Jangan pernah menutup-nutupi kekurangan dan kesalahan Anda kepada pelanggan.
Menyewa karyawan melalui dunia maya dan meminta bekerja secara virtual
tanpa harus ke kantor terbukti lebih efisien daripada cara yang biasa.
Mulailah mencari di situs Elance.com atau Guru.com untuk beberapa hal
yang tidak bisa Anda lakukan sendiri.
Angga Aliya - detikfinance
Bersikap profesional bukan berarti harus kaku, tidak ada salahnya jika Anda juga menjadi 'teman terpercaya' pelanggan. Tapi jangan pernah memaksakan pelanggan supaya bisa mempercayai Anda.
Anda bisa mulai dengan bersikap terbuka, tanpa basa-basi dan tulus. Jangan pernah menutup-nutupi kekurangan dan kesalahan Anda kepada pelanggan.
3. Buat semuanya serba otomatis
Maksimalkan penggunaan software yang bisa membantu bisnis Anda bergerak
dengan sendirinya, seperti pesanan dan pembayaran pelanggan. Bikin
sebuah forum di sebuah situs untuk mendiskusikan keluahan pelanggan
sehingga masalah mereka bisa terpecahkan dengan baik.
4. Gunakan internet untuk cari karyawan
Menyewa karyawan melalui dunia maya dan meminta bekerja secara virtual
tanpa harus ke kantor terbukti lebih efisien daripada cara yang biasa.
Mulailah mencari di situs Elance.com atau Guru.com untuk beberapa hal
yang tidak bisa Anda lakukan sendiri.
Gunakan karyawan untuk membantu hal-hal yang lebih kecil, sehingga Anda punya banyak waktu mengurus hal-hal yang lebih penting.
5. Biarkan pelanggan membantu pengembangan bisnis
Biarkan pelanggan berkontribusi terhadap pengembangan produk dan isi situs Anda, seperti product review, forum diskusi dan komentar di produk Anda. Pernyataan dari pelanggan yang sudah mencoba produk atau jasa Anda selalu lebih menarik daripada iklan.
6. Rancang bisnis yang bisa diterima secara luas
Pertama-tama cari kesempatan bisnis yang bisa dipakai secara luas oleh banyak orang. Lalu kembangkan produk Anda dari feedback yang diberikan oleh pelanggan. Minta pelanggan untuk menulis testimonial atas produk atau jasa perusahaan Anda sehingga bisa menarik pelanggan baru.Angga Aliya - detikfinance
No comments:
Post a Comment