Tuesday, June 19, 2012

Aireen Omar Jadi Bos AirAsia Malaysia, Tony Fernandes Pindah ke Jakarta

Jakarta - Maskapai penerbangan murah asal Malaysia AirAsia menunjuk Presiden Direktur baru untuk kantornya di Malaysia yaitu Aireen Omar, yang akan mulai melaksanakan tugasnya 1 Juli 2012.

Smentara Tony Fernandes selaku Presiden Direktur Grup AirAsia akan pindah kantor ke Jakarta dan fokus pada pengembangan usaha secara regional.

"Saya sangat senang dengan terpilihnya Aireen, yang telah menunjukkan kemampuan dan komitmennya secara konsisten dalam mengembangkan AirAsia. Aireen sejak lama telah menjadi bagian berharga dari jajaran tim manajemen senior AirAsia dan memiliki visi serta kualitas kepemimpinan yang sangat baik untuk pertumbuhan perusahaan saat memasuki dekade kedua," kata Tony dalam siaran pers, Selasa (19/6/2012). 

Penunjukkan Aireen melanjuti pengumuman minggu lalu oleh Tony mengenai strategi regional grup untuk memasuki dekade kedua. Tony akan fokus kepada perluasan usaha AirAsia khususnya di wilayah ASEAN.
AirAsia beroperasi dan memiliki afiliasi di Thailand, Indonesia, dan Filipina. AirAsia juga memiliki rencana untuk melakukan perluasan usaha sampai di luar wilayah ASEAN seperti Asia Timur Laut, yang baru-baru ini telah diluncurkan AirAsia Jepang, dan juga ke wilayah Asia Selatan.

"Kami perlu untuk bergerak lebih luas dari yang telah kami lakukan di dekade pertama untuk wilayah regional yang kebanyakan adalah domestik. Wilayah ASEAN dan Asia Timur Laut sangat berpotensi karena terdapat sekitar 3 miliar orang belum terlayani, dan ini merupakan kesempatan yang sangat besar," tambah Tony.

Sejalan dengan perubahan pada fokus perusahaan, Grup AirAsia telah meluncurkan kantor regional di Jakarta yang bernama AirAsia ASEAN. Kantor ini berlokasi cukup jauh dari kantor AirAsia di setiap negara dimana maskapai penerbangan ini beroperasi.

Kesempatan bisnis AirAsia di ASEAN sangat besar, karena ASEAN memiliki populasi sekitar 600 juta jiwa dengan pertumbuhan penduduk kelas menengah yang sangat cepat, dan sedang bersiap untuk pengimplementasian kebijakan Open Skies serta ASEAN sebagai satu kesatuan Komunitas Ekonomi di 2015. Total jumlah populasi dari wilayah ASEAN, Asia Timur Laut, dan Asia Selatan telah mencapai sekitar 3 miliar jiwa. 

Aireen Omar sebelumnya menjabat sebagai Regional Head of Corporate Finance, Treasury dan Investor Relations. Dia bergabung dengan AirAsia pada Januari 2006 sebagai Director of Corporate Finance.

Salah satu tanggung jawabnya adalah memastikan dana untuk penambahan jumlah pesawat AirAsia, komponen yang sangat penting untuk kesuksesan maskapai penerbangan ini. Salah satu tugasnya juga termasuk melakukan negosiasi dengan pihak Airbus untuk proses pembelian 200 Airbus A320neo yang diumumkan saat acara Paris Airshow di tahun 2011.


(dnl/ang) Herdaru Purnomo - detikfinance

No comments:

Post a Comment