Tuesday, June 26, 2012

Berbisnis Properti Tak Cukup Hanya Bermodal Lokasi Strategis

Jakarta - Pendiri Real Estate Indonesia (REI) Ciputra selalu mengatakan lokasi, lokasi, dan lokasi adalah kunci sukses pembangunan kawasan perumahan atau hunian. Namun teori sukses dalam mengembangkan perumahan tidak hanya cukup lokasi saja. Kenapa?

Ketua DPP REI Setyo Maharso menjelaskan, terdapat aspek lain kunci sukses membangun real estate. Selain lokasi, penting juga faktor kesempatan (opportunity). Pengembang tidak cukup memiliki lahan strategis, tapi menentukan momentum yang tepat dalam pelaksanaan proyek.

"Dulu Pak Ciputra bilang, lokasi dan lokasi tapi sekarang berubah. Mesti ditambah opportunity. Kapan mau membangunnya, itu juga harus diperhatikan," kata Setyo kepada detikFinance, di Menara Kadin, Selasa (26/6/2012).

Hal ini disampaikan Setyo dalam mentoring kiat sukses bisnis properti kepada pengusahan muda. Faktor lain yang tak kalah penting adalah legalitas atas lahan.

"Legalitas, jika ditawarin sertifikat harus hati-hati. Patut curiga jika ada lahan strategis namun harganya murah. Jika ditawarkan, patut di cek ke BPN dan Kelurahan setempat," tegas Setyo.

Menurutnya, pebisnis properti bukan hanya mencari pekerjaan namun pencipta pekerjaan. Properti adalah industri, dimana lahan berfungsi sebagai komoditi.

"Karena komoditi, nilai faktor nilai tambah dan ada proses nilai tambah," imbuhnya.



(wep/hen) Whery Enggo Prayogi - detikfinance

No comments:

Post a Comment