Wednesday, June 27, 2012

Hatta Terbang ke Rusia Incar Investasi KA dan Smelter Tambang

Moskow - Menko Perekonomian Hatta Rajasa memimpin pertemuan Sidang Komisi Bersama antara Rusia dan Indonesia di Moskow. Sejumlah investasi ingin ditarik Indonesia dari negeri Beruang Merah ini, khususnya di sektor infrastruktur.

Adapun dua investasi besar yang diincar Indonesia dari Rusia adalah pembangunan rel kereta api di Kalimantan Timur dan smelter tambang.

Sidang Komisi Bersama ini dilakukan di Moskow. Delegasi Indonesia dipimpin Hatta, sementara Rusia dipimpin Wakil Perdana Menteri Dimitro O. Rogozin.

Belum ada jumlah atau nilai dari investasi yang ingin ditarik, namun kedua belah pihak menyeriusi rencana kerjasama tersebut.

"Indonesia ingin meningkatkan hubungan strategis kemitraan pada level yang sangat tinggi dengan Rusia. Saat ini belum muncul realisasi yang kita inginkan. Namun Rusia bisa mendukung investasi dan perdagangan kami,'" ujar Hatta di President Hotel, Moskow, Senin (26/6/2012).

Soal investasi kereta api di Kalimantan Timur, rencana ini sudah digagas cukup lama. Namun belum terealisasi sampai saat ini.

"Indonesia sedang giat membangun infrastruktur, khususnya konektivitas. Kita modernisasi kereta api di Jawa dan membangun di Kalimantan dan Sulawesi. Investasi kereta api Rusia di Kalimantan sudah jauh pembicaraannya. Agar proyek ini berjalan, saya akan melakukan pengawalan dan best effort agar proyek ini bisa direalisasikan," cetus Hatta.

Menurut Hatta, apabila proyek kereta pai ini berjalan, maka proyek investasi lain akan menyusul. Kabarnya nilai proyek ini mencapai US$ 2,3 miliar. Namun masih terhambat masalah pembebasan lahan.

Lalu soal industri hilirisasi tambang atau smelter, Indonesia berharap Rusia bisa menyumbangkan teknologinya di sektor tersebut melalui investasi.

"Mulai 2014 semua mineral di Indonesia baik nikel, bauksit, ataupun emas tidak boleh diekspor mentah. Kita berharap teknologi di Rusia untuk smelter ini," tegas Hatta.



(dnl/ang) Wahyu Daniel - detikfinance

No comments:

Post a Comment