Friday, June 29, 2012

Investor Tunggu Hasil Pertemuan Eropa, Wall Street Menipis

New York - Pasar saham Wall Street melemah tipis akibat aksi tunggu investor terkait pertemuan dua hari para petinggi Eropa. Saham-saham asuransi terkena koreksi paling banyak akibat aturan asuransi baru.

Para pelaku pasar masih melakukan aksi tunggu terkait dengan pertemuan petinggi Uni Eropa yang baur saja dimulai Kamis kemarin.

"Ini adalah proses yang harus dilewati dan bisa membawa volatilitas di pasar yang bergantung kepada arus berita," kata Matt Kaufler, manager portofolio dari Federated Investors di Rochester, New York, dikutip Reuters, Jumat (29/6/2012).

Saham-saham mulai melemah setelah Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) terpisah menjadi dua kubu terkait undang-undang kesehatan Presiden AS Barack Obama.

Keputusan itu menjadi kejutan bagi investor karena dinilai tidak mendukung para pebisnis. Pasalnya, seluruh warga AS harus punya asuransi di tahun 2014 atau kena hukuman.

"Dengan hasil yang tidak terduga dari Mahkamah Agung itu, kita tahu pasar akan terkena imbasnya secara jangka pendek," kata Jim Paulsen, kepala investasi, Wells Capital Management di Minneapolis.

Para petinggi Eropa baru saja memulai pertemuan dua hari untuk membicarakan masalah finansial Spanyol dan Italia. Pemberian bailout kepada dua negara besar di Eropa itu dinilai tidak semudah memberikan kepada negara-negara yang lebih kecil.

Pernyataan terakhir yang dilontarkan Kanselir Jerman Angela Merkel selalu bertentangan dengan para petinggi Eropa lainnya. Hal ini akan membuat kesepakatan sulit tercapai.

Pada penutupan perdagangan Kamis waktu setempat, Indeks Dow Jones melemah 24,75 poin (0,20%) ke level 12.602,26. Indeks Standard & Poor's 500 menipis 2,81 poin (0,21%) ke level 1.329,04. Indeks Komposit Nasdaq Composite Index .IXIC lost 25.83 points, or 0.90 percent, to 2,849.49.



(ang/ang) Angga Aliya - detikfinance

No comments:

Post a Comment