Monday, June 25, 2012

China Berguru Bisnis Pariwisata ke Bali


VIVAnews – Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Hainan-China bagian selatan secara khusus datang ke Bali. Kedatangan mereka ke Pulau Dewata itu untuk menimba ilmu dalam bidang pariwisata.
Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Hainan-China bagian selatan, Chen Yao mengatakan bahwa kedatangan mereka kali ini untuk mengetahui lebih detail kebudayaan dan pariwisata Bali.
"Pariwisata di Provinsi Hainan masih ketinggalan dengan Bali. Untuk itu, kami ke sini untuk belajar bagaimana mengelola pariwisata berikut budayanya," ungkap Chen Yao, di Art Center, Denpasar, Bali, Sabtu, 23 Juni 2012.

Yao berharap, Pemerintah Provinsi Bali berkenan untuk menjalin kerja sama dalam hal promosi pariwisata daerah. Sebab, Bali sebagai destinasi pariwisata dunia merupakan zona yang cukup efektif untuk mempromosikan pariwisata.
Dia juga menuturkan, jika pengelolaan industri pariwisata di daerahnya jauh tertinggal dari Bali. Untuk itu, diharapkan segera terjalin kerja sama yang baik antara Pemerintah Hainan dan Pemerintah Provinsi Bali. "Banyak hal yang kami dapat di sini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Bali, Ayu Pastika mengungkapkan, pemerintah dan masyarakat Provinsi Bali selalu terbuka menjalin kerja sama dengan pihak lain, termasuk Pemerintah Provinsi Hainan. Apalagi, selama ini sudah terjalin komunikasi baik antara Pemerintah Provinsi Bali dengan Pemerintah China.

"Tahun lalu, kami dari Bali juga mengikuti pameran ke China. Mudah-mudahan tahun ini kita bisa mengikuti pameran dan singgah ke Provinsi Hainan," ungkap Ayu Pastika.

Sedangkan Kepala Dinas Perindutrian dan Perdagangan Provinsi Bali, Ni Wayan Kusumawathi menjelaskan, pihaknya memiliki beberapa kerajinan yang nantinya bisa diekspor ke China.
sumber : vivanews.com

No comments:

Post a Comment