Wednesday, June 27, 2012

Direksi BEI Pilihan Bapepam Disahkan Hari Ini


VIVAnews - Babak baru pemilihan direksi PT Bursa Efek Indonesia periode tiga tahun mendatang akan dimulai hari ini. Otoritas bursa itu menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST), yang salah satu agendanya mengesahkan jajaran direksi terpilih.

Berbeda dengan tahun-tahun lalu, sebelum RUPST digelar, proses pemilihan direksi baru BEI "sudah selesai". Tidak ada lagi hiruk pikuk pemungutan suara dari Anggota Bursa sebagai pemegang saham BEI dalam proses pemilihan direksi itu.

Seperti diketahui, Bapepam-LK telah mengesahkan revisi peraturan III.A.3 tentang Direktur Bursa Efek pada akhir Februari. Peraturan itu meniadakan mekanisme pemilihan direksi bursa efek melalui rapat umum pemegang saham.

Lewat proses pemilihan direksi yang baru, para pemegang saham yang merupakan Anggota Bursa hanya tinggal mengangkat direksi pilihan Bapepam-LK dalam RUPS.

Dan, Jumat 15 Juni 2012, secara resmi Bapepam-LK sudah mengumumkan terpilihnya tujuh jajaran direksi Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Ito Warsito yang kini masih menjabat direktur utama BEI, terpilih kembali untuk menduduki orang nomor satu institusi bursa itu.

Mantan direktur utama PT Bahana Securities itu akan didampingi Direktur Penilaian Perusahaan Hoesen, (sebelumnya direktur utama PT KPEI), Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan, Uriep Budhi Prasetyo (sebelumnya direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI), dan Direktur Perdagangan, Samsul Hidayat (sebelumnya Kabag PLE Bapepam-LK).
Selain itu, Bapepam-LK menunjuk Adikin Basirun sebagai direktur TI dan Manajemen Risiko (sebelumnya direktur TI dan Manajemen Risiko BEI), Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia, Hamdi Hassyarbaini (sebelumnya direktur PT DBS Vickers Securities Indonesia), dan Direktur Pengembangan, Friderica Widyasari Dewi (sebelumnya Direktur Pengembangan BEI)

Dalam pemilihan direksi BEI itu, Bapepam-LK telah melakukan proses seleksi administrasi, kemudian dilanjutkan uji kepatutan dan kelayakan bagi para calon direksi bursa. Bapepam-LK juga telah memanggil satu per satu calon direksi untuk pemaparan proses uji kelayakan dan kepatutan itu. (umi)


sumber : vivanews

No comments:

Post a Comment